Ojo gumunan
Ojo getunan
Ojo kagetan
Ojo aleman



Loading ...

IMAM SUPRAYOGO

Foto Prof. Dr. H. Imam Suprayogo

Prof. Dr. H. Imam Suprayogo Professor at UIN Maliki Malang



Sukses Berkomunikasi Dan Bernegosiasi


Semua orang mestinya mampu berkomunikasi dengan baik. Akan tetapi ternyata kemampuan itu tidak selalu dimiliki oleh setiap orang. Banyak sekali orang yang hanya sekedar berbicara dengan orang lain tidak berani, apalagi berbicara di depan umum. Adakalanya seseorang tergolong cerdas, atau pintar, tetapi sekedar mengungkapkan pendapatnya saja tidak berhasil dengan jelas dan meyakinkan.

Beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan keluhan dari seseorang bahwa ia mengalami kesulitan dalam berkomunikasi. Ia mengaku punya ide, tetapi mengaku tidak bisa menyampaikannya dengan mudah, baik secara lisan maupun secara tertulis. Idenya gagal disampaikan kepada orang lain. Setiap mendengar orang berbicara, ia mengaku bisa melakukan hal yang sama, tetapi tatkala mendapat giliran, idenya ternyata hilang.

Keluhan yang sama seringkali saya peroleh dari banyak orang. Maka artinya, banyak orang yang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi. Padahal salah satu kunci sukses dalam usaha apa saja, adalah kemampuan berkomunikasi dan bernegosiasi itu. Anehnya, oleh sementara orang, saya dianggap mampu melakukan komunikasi dengan baik, termasuk bernegosiasi dengan siapa saja. Bahkan, seringkali saya disebut sebagai seorang yang pandai bernegosiasi dan atau melobi orang.

Anggapan bahwa, saya memiliki kemampuan berkomunikasi seperti itu sebenarnya tidak pernah saya rasakan sendiri. Selama ini, saya tidak pernah merasakan kesulitan dalam menyampaikan pikiran atau pandangan, baik lewat lisan, tulisan, kepada perseorangan, kelompok atau bahkan di hadapan umum. Saya tidak pernah merasakan, bahwa berbicara atau menulis itu adalah merupakan pekerjaan yang sulit dilakukan.

Perasaan tidak bisa berbicara dengan mudah dan jelas, atau tidak mampu menulis dengan baik yang dirasakan itulah yang sebenarnya menjadikan seseorang tidak mampu berbicara atau menulis dengan baik. Umpama perasaan takut, khawatir salah, dianggap kurang bermutu dan seterusnya itu tidak dimiliki oleh seseorang, maka saya yakin, siapapun akan bisa berbicara dan menulis dengan baik.


Memang agar seseorang bisa berbicara atau berkomunikasi dan menulis dengan baik, maka memerlukan berlatih secara terus menerus. Akan tetapi meyakinkan diri sendiri bahwa dirinya adalah pintar berbicara, mampu berkomunikasi, dan menulis, maka dengan sendirinya, ia akan mampu menulis dengan lancar, dan hasilnya akan dianggap baik oleh orang lain.

Ketrampilan berkomunikasi, baik lisan maupun lewat tulisan sama halnya dengan kemampuan berjalan lewat jembatan sempit di atas sungai. Manakala dilakukan dengan penuh keraguan, khawatir jatuh, maka justru akan benar-nemar jatuh. Sebaliknya, jika merasa percaya diri, penuh keberanian dan berbesar hati tidak akan jatuh, maka akan berhasil melewati jembatan kecil itu dengan selamat.

Sikap percaya diri tatkala melakukan kegiatan apapun adalah menjadi sangat penting dan bahkan menjadi kunci keberhasilan pada setiap usaha apapun. Oleh karena itu, berdialog batin yang menyatakan bahwa dirinya adalah seorang yang mampu, dan sebaliknya, tidak selalu mengingat-ingat kekurangan, kelemahan, dan tidak selalu merasa rendah diri, maka perasaan positif itu akan mengantarkan kepada keberhasilan

Oleh karena itu, selain harus berlatih, agar bisa berkomunikasi dan juga bernegosiasi, maka modal yang harus dimiliki adalah membangun kepercayaan diri itu. Meyakinkan diri sendiri bahwa dirinya mampu, memiliki kelebihan, dan keyakinan akan berhasil, -asalkan tidak berlebihan hingga mengakibatkan kesombongan, maka hal itu adalah merupakan kunci keberhasilan, termasuk berhasil dalam berkomunikasi dan bernegosiasi.

Orang yang selalu mengangap bahwa dirinya rendah, serba kekurangan, tidak mampu menunjukkan kelebihannya sendiri, dan seterusnya, maka perasaan itulah yang sebenarnya merupakan titik lemah hingga selalu mengalami kegagalan. Oleh karena itu agar bisa berbicara secara meyakinkan, menulis secara baik, dan melakukan negosiasi dengan siapapun, maka yang perlu dibangun adalah kepercayaan terhadap diri sendiri, dan tentu berlatih secara terus menerus. Wallahu a'lam.

Iklan

Terbaru

Ternak Sapi Donggala