Urip iku urup



Loading ...

IMAM SUPRAYOGO

Foto Prof. Dr. H. Imam Suprayogo

Prof. Dr. H. Imam Suprayogo Professor at UIN Maliki Malang



Catatan Kecil Dari Kunjungan Ke Universitas Malaya


Selama dua hari, yaitu tangal 21-22 April 2015, saya bersama Direktur Pasca Sarjana, Prof. Muhaimin, dan beberapa staf pimpinan lainnya berkunjung ke Universitas Malaya dan Universitas Sains Islam Malaysia. Sebenarnya kunjungan itu direncanakan hingga beberapa hari, namun oleh karena kesibukan, saya hanya bisa mengikuti dua hari saja.

Dalam kunjungan ke Universitas Malaya, saya bersama rombongan diterima oleh beberapa pejabat perguruan tinggi itu, di antaranya adalah Prof. Dr. Abdullah Gani, Dekan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Pejabat kampus yang menangani urusan kerjasama luar negeri, mungkin saja berpendapat bahwa, yang akan selalu relevan dan tetap diperlukan ke depan adalah terkait teknologi informasi.

Sebagaimana biasa, dalam pertemuan itu masing-masing pihak memberikan penjelasan singkat tentang kampusnya yang dianggap penting secara berganian. Pejabat yang membidangi hubungan luar negeri Universitas Malaya menjelaskan tentang sejarah, gambaran umum, program studi yang dikembangkan, berbagai prestasi yang telah diraih tentang perguruan tinggi ini, program pengembangan ke depan, dan lain-lain.

Oleh karena Universitas Malaya merupakan perguruan tinggi yang masuk kategori senior di Malaysia, yakni sudah berumur 100 tahun, maka kampus ini sudah memiliki banyak fakultas, kajian berbagai bidang ilmu, mahasiswa, alumni, dan berbagai prestasi yang dibanggakan. Demikian pula sebaliknya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, sekalipun usianya masih muda ''-menjadi bentuk universitas, baru pada tahun 2004, ternyata sedikit banyak juga sudah dikenal oleh tuan rumah. Dengan demikian, untuk menjelaskannya tidak terlalu sulit.


Dalam tukar menukar informasi itu, ada satu hal yang oleh Prof. Dr. Abdullah Gani dianggap menarik dari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, ialah tentang mulai banyak mahasiswa bidang studi sains yang mengikuti tahfidz al Qur'an. Dekan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi itu juga sedang tertarik pada kajian al Qur'an. Dia menyediakan anggaran yang cukup besar, baik untuk penelitian dan juga beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan melakukan kajian kitab suci itu.

Sedemikian besar semangat Prof. Abdullah Gani terhadap al Qur'an, hingga ia juga menjelaskan hal yang bersifat pribadi, yaitu bahwa cucunya sendiri sebelum diperkenalkan dengan berbagai jenis ilmu lainnya, terlebih dahulu didekatkan pada kitab suci. Dia beranggapan bahwa pikiran anak-anak agar kelak tetap terjaga kebersihannya dan berhasil tumbuh maksimal, maka harus diperkenalkan pada al Qur'an. Dia mengatakan bahwa, pendidikan bagi semua anaknya telah selesai, sehingga tidak mungkin mengulangi atau membalik jarum jam sejarah kehidupan. Maka untuk pendidikan para cucunya, ia sengaja mengarahkan agar menghafalkan al Qur'an terlebih dahulu sebelum mempelajari berbagai ilmu lainnya.

Oleh karena itu, Prof. Abdullah Gani sangat tertarik tatkala mendapatkan informasi bahwa di UIN Maulana Malik Ibrahi Malang tidak sedikit mahasiswa yang mengikuti hafalan al Qur'an dan lebih-lebih lagi tatkala dijelaskan bahwa sudah banyak buku-buku yang ditulis tentang al al Qur'an dikaitkan dengan sains, misalnya tentang air dalam al Qur'an, lempung dalam al Qur'an, besi di dalam al Qur'an, dan lain-lain. Atas penjelasan itu, mereka menjadi lebih tertarik lagi untuk melakukan kerjasama.

Sebagai catatan kecil dari kunjungan ke Universitas Malaya, saya memperoleh kesan bahwa dengan kesamaan semangat dan visi terhadap al Qur'an, maka peluang kerjasama antara dua perguruan tinggi ini akan semakin terbuka. Selain itu, saya juga menangkap bahwa ke depan, rupanya di tengah semakin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi, orang justru akan semakin mendekat pada kitab suci. Pembicaraan oleh beberapa pejabat kampus yang bersama-sama menjajaki peluang kerjasama, ternyata menjadi amat mudah dan lancar tatkala pembicaraan itu dikaitkan dengan al Qur'an. Wallahu a'lam

Iklan

Terbaru

Ternak Sapi Donggala